PROFIL SEKOLAH
A. Identitas
Sekolah
Nama Sekolah
|
:
|
SDN 1 KRIDA UTAMA
|
|||
Status Sekolah
|
:
|
NEGERI (Berstandar Nasional)
|
|||
N P S N
|
:
|
20205744
|
|||
N S S
|
:
|
101020804022
|
|||
Terakreditasi/Tahun
|
:
|
B / 2011
|
|||
Alamat Sekolah
|
:
|
Jl. Gedong V Komplek Gedong X RT 05/09
Desa Kertamulya
|
|||
Kec. Padalarang Kab. Bandung Barat
|
|||||
Kode Pos
|
:
|
40553
|
|||
Nomor Telepon
|
:
|
(022) 6811957
|
|||
E-Mail
|
:
|
Sdn_krida.utama@yahoo.com
|
|||
Web Site
|
:
|
www.sdnkridautama.blogspot.com
|
|||
Tahun Operasional
|
:
|
01 Januari 1967
|
|||
Luas Tanah
|
:
|
1.774 m2
|
|||
Status Tanah
|
:
|
Hak Guna Pakai
|
(Milik PT Kertas Padalarang)
|
||
Luas Bangunan
|
:
|
669 M2
|
|||
Tegangan/Daya Listrik
|
:
|
220 Volt,
4.800 Watt
|
|||
Jumlah Rombel
|
:
|
7 (tujuh)
|
|||
Pelaksanaan KBM
|
:
|
Pagi
|
|||
B. Latar
Historis Pendirian Sekolah
Tahap-tahap
pendirian, perubahan dan pengembangan SDN Krida Utama Padalarang adalah sebagai
berikut :
1. Tahun 1962, Yayasan Kesejahteraan Karyawan PN Kertas
Padalarang mendirikan Sekolah Dasar di atas tanah milik PNKP dengan status
Sekolah Swasta, yang terdiri dari 6 ruangan kelas dan 1 ruang guru dan kepala
sekolah, dan bentuk bangunannya semi permanen ;
2. Tahun 1967, Berdasarkan Surat Keputusan Kepala Jawatan
PPK Propinsi Jawa Barat, Nomor : 156/Prb/67, tanggal 6 Juni 1967, memutuskan
dan menetapkan bahwa terhitung mulai tanggal 1 Januari 1967 SD Swasta Krida
Utama berubah statusnya menjadi SD Negeri Krida Utama Padalarang ;
3. Tahun 1982, Kepala SD Negeri Krida Utama Padalarang
(U.E. Haryadi) mengajukan bantuan rehabilitasi kepada pemerintah, sehingga
terealisasi sebanyak 6 lokal ruangan kelas dengan kondisi permanen ;
4. Tahun 1983, didirikan 1 lokal rumah dinas Kepala
Sekolah dengan biaya subsidi pemerintah ;
5. Tahun 1984, didirikan 2 lokal bangunan rumah dinas
guru, juga dengan biaya subsidi pemerintah ;
6. Tahun 1988, mendapat tambahan 1 (satu) ruang kelas
baru dari biaya subsidi pemerintah ;
7. Tahun 1993, mendirikan Aula (Tempat Rapat/Pertemuan)
dengan dana/biaya dari swadaya masyarakat. Karena terdesak dengan kekurangan
ruangan kelas aula tersebut saat ini dirubah menjadi ruangan kelas/belajar ;
8. Sejak tahun 1962 s.d. 1995 SD Negeri Negeri Krida
Utama mendapat bantuan dalam bentuk material dan finansial dari PNKP berupa :
a. 25 rim kertas HVS/duplikator per bulan ;
b. Pembayaran Iuran Listrik
c. Kesejahteraan Kepala Sekolah, Guru dan Karyawan
Sekolah berupa transport dan Tunjangan
Hari Raya (THR) ;
d. Fasilitas kendaraan, apabila sekolah memerlukan untuk
kegiatan karyawisata personil sekolah maupun siswa, serta keperluan-keperluan
lain yang ada kaitannya dengan kepentingan pendidikan ;
9. Dan pada pertengahan tahun 1995, sekolah tidak lagi
mendapat bantuan-bantuan seperti hal tersebut di atas.
10. Tahun 1995, berdasarkan Surat Keputusan Bupati
Kabupaten Bandung melalui Kepala Dinas Pendidikan Kab. Bandung, Nomor : 421.2/155
Kab/1995, tanggal 22 Agustus 1995, mengingat dengan berbagai pertimbangan dan
sebagainya, maka SD Negeri Krida Utama
secara administratif dikembangkan menjadi dua sekolah, yakni SD Negeri Krida
Utama I dan SD Negeri Krida Utama II Padalarang ;
11. Tahun 1999 – 2000, dibangun 1 (satu) ruang guru dan
kepala sekolah dengan dana/biaya dari swadaya masyarakat ; dan
12. Pada tahun 2001 s.d. 2003, diadakan
perbaikan-perbaikan, diantaranya adalah :
a. Lantainisasi 2 ruangan kelas (kelas 1 dan 2) dengan
keramik.
b. Pemasangan dak sepajang 4 ruangan kelas.
13. Tahun 2008 SDN 1 Krida Utama ditunjuk sebagai Sekolah
Dasar Berstandar Nasional berdasarkan SK Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan
Kabupaten Bandung Barat Nomor : 800.5/1057 – DISDIKBUD 2008, Tanggal 26 Mei
2008.
14. Tahun 2009, menerima bantuan pemerintah berupa Dana
Alokasi Khusus (DAK) untuk Rehabilitasi 3 Ruang Kelas dengan ukuran ruang 7 m x
8 m.
15. Tahun 2010 menerima bantuan pemerintah berupa dana
dekonsentrasi Pembangunan Pusat Sumber Belajar (PSB) beserta perangkat
pembelajaran : komputer
16. Semua biaya-biaya kegiatan yang diperoleh dari swadaya
masyarakat dilakukan atas persetujuan Dewan/Komite Sekolah.
C. Kondisi
Sekolah Saat Ini
Pesatnya
perkembangan ilmu dan teknologi masa kini dan
semakin kondusifnya kondisi ekonomi dan keamanan perlu di sikapi
bersama warga sekolah terutama SD Negeri
1 Krida Utama Padalarang. Hal ini tentu saja mengacu pada upaya membekali
pengetahuan, keterampilan, keimanan dan ketakwaan, nilai-nilai sosial dan
moral, berbudaya dan berkepribadian Indonesia untuk memperkokoh rasa kebangsaan
dalam NKRI.
Dalam
rangka mewujudkan tujuan pendidikan nasional, yaitu mengembangkan kemampuan dan
membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat, cerdas, beriman dan
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap,
kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung
jawab, perlu persiapan dan penataan yang strategis melalui pendidikan.
Berkaitan dengan hal ini pemerintah telah melakukan upaya melalui ditetapkannya
UUSPN No 20 Tahun 2003 yang di dalamnya termuat adanya dukungan anggaran
sebesar 20% dari APBN untuk pendidikan.
SD
Negeri 1 Krida Utama Padalarang berupaya
melaksanakan kebijakan pendidikan bedasarkan Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang
Sistem Pendidikan Nasional dan menyelenggarakan pendidikan dengan mengacu
kepada PP no 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Hal itu
dimasudkan untuk meningkatkan mutu serta relevansi dan efesiensi pengelolaan
pendidikan dalam rangka menghadapi tantangan sesuai dengan tuntutan perubahan
kehidupan lokal, nasional, dan global sehingga perlu dilakukan peningkatan dan
setrategi yang terencana, terarah dan berkesinambungan.
Site
SD Negeri 1 Krida Utama Padalarang cukup strategis, secara geografis berada
di komplek gedong X perumahan karyawan
PT Kertas Padalarang dan berdampingan dengan komplek pendidikan Krida Utama,
yaitu TK dan SMP, kedua lembaga pendidikan tersebut dibina dan dikelola oleh
YKK-PT Kertas Padalarang. Ketiga lembaga, baik TK, SD maupun SMP terjalin
hubungan yang harmonis, kondusif, dan saling mendukung, sehingga dengan kondisi
seperti ini penyelenggaraan pendidikan di SD Negeri 1 Krida Utama Padalarang
berjalan dengan efektif, efisien, dan mengarah kepada pencapaian tujuan yang
diharapkan.
Ditinnjau
dari kondisi sosial ekonomi kemasyarakatan,
peserta didik sebagian besar berasal dari daerah di luar
lingkungan/desa, kecamatan, dan dari komplek-komplek permahan di sekitar Kec.
Padalarang, Ngamprah dan Cipatat, dengan latar belakang kondisi ekonomi
keluarga rata-rata cukup mampu.
Dari
sisi politik, keamanan, lingkungan SD Negeri 1 Krida Utama Padalarang cukup
ideal dan kondusif, nyaman jauh dari kebisingan dan keramaian, sehingga cukup
ideal untuk proses peningkatan mutu, penerapan dan pengembangan IPTEK, dan
implementasi terhadap peraturan dan kebijakan pemerintah, baik pusat maupun
daerah.
Berbagai faktor yang dapat mempengaruhi dalam rangka
mencapai keberhasilan di SD Negeri 1
Krida Utama Padalarang adalah sebagai berikut.
D.
Visi Sekolah
“Menciptakan sumber daya
peserta didik yang cerdas berkualitas, berlandaskan IMTAQ, berwawasan IPTEK,
berbudaya, anggun dalam moral serta memiliki kecakapan hidup”
E.
Misi Sekolah
1. Mewujudkan sumber daya manusia yang kreatif, inovatif,
dan memiliki kecakapan hidup;
2. Meningkatkan mutu profesionalisme pendidik dan tenaga
kependidikan;
3. Memelihara dan membina hubungan kerjasama dengan semua
pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan pendidikandi sekolah ;
4. Menggali dan mengembangkan potensi internal peserta
didik sesuai minat, bakat, dan kemampuan yang dimilikinya;
5. Mengembangkan teknik pembelajaran kearah yang lebih
kondusif dan komprehensif melalui
penerapan IPTEK dan mampu berkompetisi terhadap tantangan, kemajuan dan
perkembangan teknologi.
6. Mewujudkan pemerataan dalam pelayanan pendidikan
kepada semua kalangan peserta didik
7. Menerapkan manajemen berbasis sekolah dalam
penyelenggaraan pendidikan.
8. Mewujudkan sekolah mandiri yang berwawasan lingkungan.
F.
Tujuan Sekolah
1. Mengembangkan pemetaan kurikulum sesuai Standar
Nasional Pendidikan ;
2. Mengembangkan perencanaan pembelajaran yang
refleksikan dengan penyusunan silabus, RPP, dan sistem penilaian yang
sistematis.
3. Pelaksanakan model dan strategi pembelajaran dengan
inovasi-inovasi pembelajaran, CTL dan Pakem.
4. Mengembangkan atau meningkatkan kompetensi pendidik
dalam aspek profesionalisme, aspek pedagogik, aspek sosial, dan aspek
kepribadian.
5. Mengembangkan kompetensi tenaga kependidikan ke arah
profesionalisme.
6. Mewujudkan sekolah mandiri menuju sekolah bertaraf
internasional ;
7. Melaksanakan MBS yang terukur, terencana, dan
sistematis.
8. Menyelaraskan keseimbangan tujuan pendidikan nasional
dan harapan masyarakat sebagai pengguna pendidikan ;
9. Meningkatkan mutu lulusan secara kompetitif dan
komprehensif ;
10. Mengupayakan sikap transparansi, akuntabilitas, dan
sustainibilitas dalam pendayagunaan daya dan pembiayaan pendidikan ;
11. Meningkatkan kondisi hubungan kerja personil sekolah
yang lebih harmonis, semangat kekeluargaan, dan mengutamakan musyawarah.
12. Menjalin hubungan dan kerjasama yang harmonis dengan
komite sekolah, masyarakat dan stakeholder lainnya
13. Menggali dan menumbuhkembangkan potensi internal dan
eksternal di lingkungan sekolah.
G.
Kondisi pendidikan saat ini ;
1.
Pengelolaan
Pengelolaan pendidikan yang telah dan sedang
dilaksanakan di SDN Krida Utama 1 Padalarang ditunjang oleh kondisi telah
disosialisasikannya instrumen-instrumen sebagai berikut :
a. RPS dan RAPBS ;
b. dokumen kurikulum (silabus, RPP, dan bahan ajar) ;
c. ruang kelas, ruang kepala sekolah, ruang guru, ruang
administrasi, tempat ibadah, kamar kecil yang cukup memadai ;
d. ruang perpustakaan, ruang laboratorium ICT dan sarana
olahraga ;
e. sarana pembelajaran yang memadai dan mencukupi
kebutuhan sesuai jumlah siswa.
2.
Proses Pembelajaran
a. Menerapkan manajemen berbasis sekolah (MBS) ;
b. Menerapkan pendidikan kecakapan hidup, pembelajaran
aktif kreatif efektif menyenangkan (PAKEM) ;
c. Menerapkan model pembelajaran konstrukktivisme ;
d. Menerapkan system penilaian yang komprehensif ; dan
e. Menyusun formatif TIK dalam pembelajaran.
f. lanjutan tingkat pertama negeri.
3.
Tenga Pendidik
a. Jumlah dan kualifikasi guru belum sesuai dengan
kebutuhan ;
b. 100 % guru memiliki tingkat pendidikan sarjana strata
1 (S1) dan S.2 ;
c. Kompetnsi guru sesuai dengan mata pelajaran yang
diampu ;
d. 100 % guru tetap, telah lulus uji sertifikasi profesi
guru tahun 2007, 2008 ;
e. Memiliki komitmen tinggi terhadap tugas profesi
keguruan ;
f. 75 % guru telah mampu mengoperasikan ICT sederhana ;
4.
Kepala Sekolah
a. Pendidikan sarjana (S1) ;
b. Memiliki sertifikasi profesi sebagai kepala sekolah ;
c. Mampu menerapkan MBS ;
d. Visioner dan situasional ;
e. Mampu di bidang managerial organisasi dan administrasi
;
f. Mampu menggunakan ICT sederhana ;
5.
Tenaga Kependidikan
a.
Pustakawan
1) Pustakawan yang ada berpendidikan sarjana (S1) :
2) Lulusan sarjana pendidikan Kepustakaan ;
3) Memiliki kemampuan melaksanakan tugas dan fungsinya
sebagai pustakawan.
b.
Laboran
1) Pendidikan S1 ;
2) Kompetensi laboran sesuai dengan kebutuhan
laboratorium ;
3) Memiliki kemampuan untuk melaksanakan tugas dan
fungsinya sebagai laboran.
c.
Teknisi Komputer
1) Pendidikan S1 ;
2) Kompetensi teknisi sesuai dengan kebutuhan ICT ;
3) Memiliki kemampuan untuk melaksanakan tugas dan
fungsinya sebagai teknisi komputer.
d.
Kepala Tata Usaha
1) Pendidikan Sarjana ;
2) Lulusan Sarjana Administrasi Pendidikan ;
3) Mampu melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai kepala
TU ;
4) Memiliki kemampuan dalam bidang komputer ;
e.
Tenaga Administrasi Kesekretariatan dan Keuangan
1) Pendidikan Sarjana ;
2) Memiliki komptensi bidang kesekretariatan dan keuangan
;
3) Memiliki kemampuan untuk melaksanakan tugas dan
fungsinya sebagai tenaga kesekretariatan dan keuangan ;
4) Memiliki kemampuan dalam bidang komputer ;
=D ..
BalasHapusSalam sehat utk semua,, mohon maaf sebelum nya saya ingin mengetahui apa saja persyaratan utk bisa masuk ke SDN Krida Utama ini,, terima kasih
BalasHapus