Senin, 02 Juli 2012


PROFIL SEKOLAH

A. Identitas Sekolah
Nama Sekolah
:
SDN 1 KRIDA UTAMA
Status Sekolah
:
NEGERI (Berstandar Nasional)
N P S N
:
20205744
N S S
:
101020804022
Terakreditasi/Tahun
:
B / 2011


Alamat Sekolah
:
Jl. Gedong V Komplek Gedong X RT 05/09 
Desa Kertamulya

Kec. Padalarang Kab. Bandung Barat
Kode Pos
:
40553
Nomor Telepon
:
(022) 6811957
E-Mail
:
Sdn_krida.utama@yahoo.com
Web Site
:
www.sdnkridautama.blogspot.com
Tahun Operasional
:
01 Januari 1967
Luas Tanah
:
1.774 m2
Status Tanah
:
Hak Guna Pakai
(Milik PT Kertas Padalarang)
Luas Bangunan
:
669 M2
Tegangan/Daya Listrik
:
220 Volt,  4.800 Watt
Jumlah Rombel
:
7 (tujuh)
Pelaksanaan KBM
:
Pagi







B. Latar Historis Pendirian Sekolah
Tahap-tahap pendirian, perubahan dan pengembangan SDN Krida Utama Padalarang adalah sebagai berikut :
1.      Tahun 1962, Yayasan Kesejahteraan Karyawan PN Kertas Padalarang mendirikan Sekolah Dasar di atas tanah milik PNKP dengan status Sekolah Swasta, yang terdiri dari 6 ruangan kelas dan 1 ruang guru dan kepala sekolah, dan bentuk bangunannya semi permanen ;
2.     Tahun 1967, Berdasarkan Surat Keputusan Kepala Jawatan PPK Propinsi Jawa Barat, Nomor : 156/Prb/67, tanggal 6 Juni 1967, memutuskan dan menetapkan bahwa terhitung mulai tanggal 1 Januari 1967 SD Swasta Krida Utama berubah statusnya menjadi SD Negeri Krida Utama Padalarang ;
3.     Tahun 1982, Kepala SD Negeri Krida Utama Padalarang (U.E. Haryadi) mengajukan bantuan rehabilitasi kepada pemerintah, sehingga terealisasi sebanyak 6 lokal ruangan kelas dengan kondisi permanen ;
4.     Tahun 1983, didirikan 1 lokal rumah dinas Kepala Sekolah dengan biaya subsidi pemerintah ;
5.     Tahun 1984, didirikan 2 lokal bangunan rumah dinas guru, juga dengan biaya subsidi pemerintah ;
6.     Tahun 1988, mendapat tambahan 1 (satu) ruang kelas baru dari biaya subsidi pemerintah ;
7.     Tahun 1993, mendirikan Aula (Tempat Rapat/Pertemuan) dengan dana/biaya dari swadaya masyarakat. Karena terdesak dengan kekurangan ruangan kelas aula tersebut saat ini dirubah menjadi ruangan kelas/belajar ;
8.     Sejak tahun 1962 s.d. 1995 SD Negeri Negeri Krida Utama mendapat bantuan dalam bentuk material dan finansial dari PNKP berupa :
a.      25 rim kertas HVS/duplikator per bulan ;
b.     Pembayaran Iuran Listrik
c.      Kesejahteraan Kepala Sekolah, Guru dan Karyawan Sekolah berupa transport dan  Tunjangan Hari Raya (THR) ;
d.     Fasilitas kendaraan, apabila sekolah memerlukan untuk kegiatan karyawisata personil sekolah maupun siswa, serta keperluan-keperluan lain yang ada kaitannya dengan kepentingan pendidikan ;
9.     Dan pada pertengahan tahun 1995, sekolah tidak lagi mendapat bantuan-bantuan seperti hal tersebut di atas.
10.   Tahun 1995, berdasarkan Surat Keputusan Bupati Kabupaten Bandung melalui Kepala Dinas Pendidikan Kab. Bandung, Nomor : 421.2/155 Kab/1995, tanggal 22 Agustus 1995, mengingat dengan berbagai pertimbangan dan sebagainya, maka  SD Negeri Krida Utama secara administratif dikembangkan menjadi dua sekolah, yakni SD Negeri Krida Utama I dan SD Negeri Krida Utama II Padalarang ;
11.    Tahun 1999 – 2000, dibangun 1 (satu) ruang guru dan kepala sekolah dengan dana/biaya dari swadaya masyarakat ; dan
12.   Pada tahun 2001 s.d. 2003, diadakan perbaikan-perbaikan, diantaranya adalah :
a.      Lantainisasi 2 ruangan kelas (kelas 1 dan 2) dengan keramik.
b.     Pemasangan dak sepajang 4 ruangan kelas.
13.   Tahun 2008 SDN 1 Krida Utama ditunjuk sebagai Sekolah Dasar Berstandar Nasional berdasarkan SK Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bandung Barat Nomor : 800.5/1057 – DISDIKBUD 2008, Tanggal 26 Mei 2008.
14.   Tahun 2009, menerima bantuan pemerintah berupa Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk Rehabilitasi 3 Ruang Kelas dengan ukuran ruang 7 m x 8 m.
15.   Tahun 2010 menerima bantuan pemerintah berupa dana dekonsentrasi Pembangunan Pusat Sumber Belajar (PSB) beserta perangkat pembelajaran : komputer
16.   Semua biaya-biaya kegiatan yang diperoleh dari swadaya masyarakat dilakukan atas persetujuan Dewan/Komite Sekolah.

C. Kondisi Sekolah Saat Ini
Pesatnya perkembangan ilmu dan teknologi masa kini dan  semakin kondusifnya kondisi ekonomi dan keamanan perlu di sikapi bersama  warga sekolah terutama SD Negeri 1 Krida Utama Padalarang. Hal ini tentu saja mengacu pada upaya membekali pengetahuan, keterampilan, keimanan dan ketakwaan, nilai-nilai sosial dan moral, berbudaya dan berkepribadian Indonesia untuk memperkokoh rasa kebangsaan dalam NKRI.
Dalam rangka mewujudkan tujuan pendidikan nasional, yaitu mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat, cerdas, beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab, perlu persiapan dan penataan yang strategis melalui pendidikan. Berkaitan dengan hal ini pemerintah telah melakukan upaya melalui ditetapkannya UUSPN No 20 Tahun 2003 yang di dalamnya termuat adanya dukungan anggaran sebesar 20% dari APBN untuk pendidikan.
SD Negeri 1 Krida Utama Padalarang  berupaya melaksanakan kebijakan pendidikan bedasarkan Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan menyelenggarakan pendidikan dengan mengacu kepada PP no 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Hal itu dimasudkan untuk meningkatkan mutu serta relevansi dan efesiensi pengelolaan pendidikan dalam rangka menghadapi tantangan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional, dan global sehingga perlu dilakukan peningkatan dan setrategi yang terencana, terarah dan berkesinambungan.
Site SD Negeri 1 Krida Utama Padalarang cukup strategis, secara geografis berada di  komplek gedong X perumahan karyawan PT Kertas Padalarang dan berdampingan dengan komplek pendidikan Krida Utama, yaitu TK dan SMP, kedua lembaga pendidikan tersebut dibina dan dikelola oleh YKK-PT Kertas Padalarang. Ketiga lembaga, baik TK, SD maupun SMP terjalin hubungan yang harmonis, kondusif, dan saling mendukung, sehingga dengan kondisi seperti ini penyelenggaraan pendidikan di SD Negeri 1 Krida Utama Padalarang berjalan dengan efektif, efisien, dan mengarah kepada pencapaian tujuan yang diharapkan.
Ditinnjau dari kondisi sosial ekonomi kemasyarakatan,  peserta didik sebagian besar berasal dari daerah di luar lingkungan/desa, kecamatan, dan dari komplek-komplek permahan di sekitar Kec. Padalarang, Ngamprah dan Cipatat, dengan latar belakang kondisi ekonomi keluarga rata-rata cukup mampu.
Dari sisi politik, keamanan, lingkungan SD Negeri 1 Krida Utama Padalarang cukup ideal dan kondusif, nyaman jauh dari kebisingan dan keramaian, sehingga cukup ideal untuk proses peningkatan mutu, penerapan dan pengembangan IPTEK, dan implementasi terhadap peraturan dan kebijakan pemerintah, baik pusat maupun daerah.
Berbagai faktor yang dapat mempengaruhi dalam rangka mencapai keberhasilan  di SD Negeri 1 Krida Utama Padalarang adalah sebagai berikut.

D.   Visi Sekolah
“Menciptakan sumber daya peserta didik yang cerdas berkualitas, berlandaskan IMTAQ, berwawasan IPTEK, berbudaya, anggun dalam moral serta memiliki kecakapan hidup”

E.    Misi Sekolah
1.      Mewujudkan sumber daya manusia yang kreatif, inovatif, dan memiliki kecakapan hidup;
2.     Meningkatkan mutu profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan;
3.     Memelihara dan membina hubungan kerjasama dengan semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan pendidikandi sekolah ;
4.     Menggali dan mengembangkan potensi internal peserta didik sesuai minat, bakat, dan kemampuan yang dimilikinya;
5.     Mengembangkan teknik pembelajaran kearah yang lebih kondusif  dan komprehensif melalui penerapan IPTEK dan mampu berkompetisi terhadap tantangan, kemajuan dan perkembangan teknologi.
6.     Mewujudkan pemerataan dalam pelayanan pendidikan kepada semua kalangan peserta didik
7.     Menerapkan manajemen berbasis sekolah dalam penyelenggaraan pendidikan.
8.     Mewujudkan sekolah mandiri yang berwawasan lingkungan.

F.    Tujuan Sekolah
1.      Mengembangkan pemetaan kurikulum sesuai Standar Nasional Pendidikan ;
2.     Mengembangkan perencanaan pembelajaran yang refleksikan dengan penyusunan silabus, RPP, dan sistem penilaian yang sistematis.
3.     Pelaksanakan model dan strategi pembelajaran dengan inovasi-inovasi pembelajaran, CTL dan Pakem.
4.     Mengembangkan atau meningkatkan kompetensi pendidik dalam aspek profesionalisme, aspek pedagogik, aspek sosial, dan aspek kepribadian.
5.     Mengembangkan kompetensi tenaga kependidikan ke arah profesionalisme.
6.     Mewujudkan sekolah mandiri menuju sekolah bertaraf internasional ;
7.     Melaksanakan MBS yang terukur, terencana, dan sistematis.
8.     Menyelaraskan keseimbangan tujuan pendidikan nasional dan harapan masyarakat sebagai pengguna pendidikan ;
9.     Meningkatkan mutu lulusan secara kompetitif dan komprehensif ;
10.   Mengupayakan sikap transparansi, akuntabilitas, dan sustainibilitas dalam pendayagunaan daya dan pembiayaan pendidikan ;
11.    Meningkatkan kondisi hubungan kerja personil sekolah yang lebih harmonis, semangat kekeluargaan, dan mengutamakan musyawarah.
12.   Menjalin hubungan dan kerjasama yang harmonis dengan komite sekolah, masyarakat dan stakeholder lainnya
13.   Menggali dan menumbuhkembangkan potensi internal dan eksternal di lingkungan sekolah.

G.   Kondisi pendidikan saat ini ;
1.    Pengelolaan
Pengelolaan pendidikan yang telah dan sedang dilaksanakan di SDN Krida Utama 1 Padalarang ditunjang oleh kondisi telah disosialisasikannya instrumen-instrumen sebagai berikut :
a.     RPS dan RAPBS ;
b.     dokumen kurikulum (silabus, RPP, dan bahan ajar) ;
c.      ruang kelas, ruang kepala sekolah, ruang guru, ruang administrasi, tempat ibadah, kamar kecil yang cukup memadai ;
d.     ruang perpustakaan, ruang laboratorium ICT dan sarana olahraga ;
e.     sarana pembelajaran yang memadai dan mencukupi kebutuhan sesuai jumlah siswa.

2.    Proses Pembelajaran
a.     Menerapkan manajemen berbasis sekolah (MBS) ;
b.     Menerapkan pendidikan kecakapan hidup, pembelajaran aktif kreatif efektif menyenangkan (PAKEM) ;
c.      Menerapkan model pembelajaran konstrukktivisme ;
d.     Menerapkan system penilaian yang komprehensif ; dan
e.     Menyusun formatif TIK dalam pembelajaran.
f.      lanjutan tingkat pertama negeri.

3.    Tenga Pendidik
a.     Jumlah dan kualifikasi guru belum sesuai dengan kebutuhan ;
b.     100 % guru memiliki tingkat pendidikan sarjana strata 1 (S1) dan S.2 ;
c.      Kompetnsi guru sesuai dengan mata pelajaran yang diampu ;
d.     100 % guru tetap, telah lulus uji sertifikasi profesi guru tahun 2007, 2008 ;
e.     Memiliki komitmen tinggi terhadap tugas profesi keguruan ;
f.      75 % guru telah mampu mengoperasikan ICT sederhana ;

4.    Kepala Sekolah
a.     Pendidikan sarjana (S1) ;
b.     Memiliki sertifikasi profesi sebagai kepala sekolah ;
c.      Mampu menerapkan MBS ;
d.     Visioner dan situasional ;
e.     Mampu di bidang managerial organisasi dan administrasi ;
f.      Mampu menggunakan ICT sederhana ;
5.    Tenaga Kependidikan
a.    Pustakawan
1)      Pustakawan yang ada berpendidikan sarjana (S1) :
2)     Lulusan sarjana pendidikan Kepustakaan ;
3)     Memiliki kemampuan melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai pustakawan.
b.   Laboran
1)      Pendidikan S1 ;
2)     Kompetensi laboran sesuai dengan kebutuhan laboratorium ;
3)     Memiliki kemampuan untuk melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai laboran.
c.    Teknisi Komputer
1)      Pendidikan S1 ;
2)     Kompetensi teknisi sesuai dengan kebutuhan ICT ;
3)     Memiliki kemampuan untuk melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai teknisi komputer.
d.   Kepala Tata Usaha
1)      Pendidikan Sarjana ;
2)     Lulusan Sarjana Administrasi Pendidikan ;
3)     Mampu melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai kepala TU ;
4)     Memiliki kemampuan dalam bidang komputer ;
e.    Tenaga Administrasi Kesekretariatan dan Keuangan
1)      Pendidikan Sarjana ;
2)     Memiliki komptensi bidang kesekretariatan dan keuangan ;
3)     Memiliki kemampuan untuk melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai tenaga kesekretariatan dan keuangan ;
4)     Memiliki kemampuan dalam bidang komputer ;

2 komentar:

  1. Salam sehat utk semua,, mohon maaf sebelum nya saya ingin mengetahui apa saja persyaratan utk bisa masuk ke SDN Krida Utama ini,, terima kasih

    BalasHapus